17 February 2009

CCCL Surabaya Gelar Kompetisi Francophonie 2009

Pemenang Jadi Wakil Indonesia ke Prancis

CCCL Surabaya sebagai institusi pendukung dinamika kebudayaan dan bahasa, menggelar perayaan Hari Francophonie (Hari Berbahasa Prancis) 2009. Acara yang secara internasional dirayakan setiap tanggal 20 Maret, itu dikemas oleh CCCL Surabaya dalam bentuk Kompetisi Akbar Francophonie 2009. CCCL ingin menggugah para pemuda untuk berkreasi dalam bahasa Prancis.


Puncaknya dari acara ini adalah dipilihnya seorang pemenang sebagai perwakilan anak muda 'francophone' (penutur bahasa Prancis) Indonesia dari Surabaya. Untuk mengikuti 'Rencontres Internationales de Jeunes' (Pertemuan Internasional Pemuda) yang berlangsung saat musim panas 2009 di Prancis. Sang pemenang tidak hanya sekedar berjalan-jalan, namun juga akan berkumpul dengan para pemuda penutur bahasa Prancis lain dari berbagai belahan dunia, untuk mengikuti beragam kegiatan yang menarik selama berada di sana.

Kompetisi ini mensyaratkan para pesertanya berusia antara 18 hingga 25 tahun dan membuat kreasi dalam bentuk visual maupun teks dalam bahasa Prancis (peserta bebas memilih membuat poster/ desain/ foto/ puisi/ esai dsb) mengenai '10 kata yang menceritakan masa depan'. Harapannya, siapapun pembelajar bahasa Prancis akan semakin termotivasi belajar bahasa tersebut dan mengikuti kompetisi ini. Tidak main-main, juri dari 'Kompetisi Akbar Francophonie 2009' terdiri dari para 'francophone' atau penutur bahasa Prancis, yang terdiri atas native speaker dan juri asal Indonesia.

Para peserta yang mengumpulkan karyanya akan diseleksi hingga terpilih 10 finalis. Seleksi akhir berupa presentasi dan wawancara 10 finalis dilakukan tepat pada perayaan Hari Internasional Francophonie, 20 Maret 2009. Pada hari itu juga akan diumumkan pemenang kompetisi ini oleh Dewan Juri. Setelahnya, tentu saja sang pemenang dapat segera mengepak koper untuk terbang ke negeri impian… Prancis.

No comments:

Post a Comment

Program

Program