12 January 2007

Benda yang Diduga Alat Navigasi Adam Air Ditemukan di Pulau Bawean

Sebuah alat yang diduga kuat sebagai alat navigasi milik pesawat Adam Air yang hilang di perairan Sulawesi Selatan, ditemukan di perairan Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur Kamis(11/01) sore. Alat yang berbentuk oval sepanjang 1 meter itu sempat dijual ke penadah berang bekas. Benda berwarna hitam itu sempat dibongkar, dan isinya dibakar.

Penemuan alat menghebohkan karena diduga kuat merupakan bagian dari sistem navigasi Adam Air itu, dilakukan oleh Umar, seorang nelayan asal Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Tepatnya di 300 mil perairan Bawean. Awalnya, Umar mengira alat itu adalah sebuah barang milik kapal laut yang tercecer. Karena ketidaktahuannya, alat itu pun dijual kepada salah satu penadah barang bekas di Pulau Bawean, setelah sebelumnya dibongkar dan dipecah dalam beberapa bagian.

"Isinya yang berbentuk serbuk itu bahkan sempat dibakar," ungkap Kepala Unit Satuan Polisi Air dan Udara Pulau Bawean, Aiptu Ali Sodikin. Beruntung, sebelum proses pembongkaran itu berlangsung lebih lama, polisi yang mendengar kabar ditemukannya benda asing itu di laut, segera melakukan pemeriksaan. "Setelah diperiksa, polisi menyimpulkan benda asing itu diduga milik Adam Air," kata Ali Sodikin.

Dugaan itu semakin kuat ketika dalam pemeriksaan, lampu indikator yang ada di alat yang terbuat dari paduan aluminum itu masih menyala. Nyala lampu berwarna merah itu mirip nyala lampu yang biasa terlihat di bagian bawah perut pesawat terbang. Dan, sepanjang pengetahun polisi, alat semacam itu tidak dimiliki dalam jenis kapal laut apapun. "Tiap lima menit sekali, lampu yang ada di ujung alat itu menyala, semakin kuat dugaan alat itu milik pesawat terbang," jelas Ali Sodikin.

Jumat(12/01) malam ini, barang misterius itu dibawa ke KPPP Polres Gresik dengan menggunakan kapal laut Harapanku Mekar jurusan Pulau Bawean-Gresik, untuk diperiksa. Penduduk yang tinggal di sekitar pelabuhan terlihat antusias untuk melihat barang itu dari dekat. Sejak pagi, mereka sudah berkumpul di pelabuhan untuk menyaksikan kedatangan alat itu.

Teks foto: Alat Navigasi Adam Air Diamankan Polisi

:: Do not republish. If you like to republish, please contact id_nugroho@yahoo.com, id_nugroho@telkom.net or call mobile phone: +62-81-6544-3718 ::

2 comments:

  1. bahkan portal berita pun belum memuatnya!!

    iman memang ther ther...

    ReplyDelete
  2. Mas Iman memiliki radar di seluruh pelosok Jawa Timur. Jadi ya jangan heran kalau dia selalu tahu apa yang sedang terjadi. Hehehee..

    ReplyDelete

Program

Program