04 February 2011

Akan lahir pemimpin muda dari revolusi Mesir

Oleh: Haris Rusly

Kelihatannya, akan terjadi transisi kepemimpinan dari krisis Mesir. Yakni, hadirnya pemimpin muda. Banyak tokoh yang coba dimunculkan oleh AS, namun tidak disambut massa. Sebut saja Wapres Omar Soeleman dan Pemimpin opoisi El-Barade. Mereka adalah antek resmi AS. El-Barade bahkan sering menerima dana jutaan dolar dari negara itu.


Kelihatannya, Panglima Angkatan Udara Mesir atau tokoh yang lebih muda dari Omar Soleaman dan El-Barade yang didukung Angkatan Udara Mesir, tidak terlibat dengan konflik secara langsung, yang akan mengganti Mubarak.

Pengaruh Angkatan Udara Mesir sangat besar, seperti pengaruh Angkatan Darat di Indonesia. Mubarak sendiri adalah mantan Panglima Angkatan Udara Mesir, bahkan jadi pahlawan perang di Mesir. Kelihatannya jalan terbaik Mubarak, Barat, Israel adalah menyerah kapan pada Pemimpin baru yg lebih muda, bebas konflik, yang mungkin saja bukan boneka 100 persen dari AS.

Kita tunggu kekuatan Pemuda, bukan Ihwanul Muslimin, bukan juga antek AS yang akan muncul memimpin Mesir. Yang pasti, kekuatan tua seperti Omar Soleman dan El Barade mungkin sulit memimpin Mesir, walaupun diupayakan sedemikian rupa oleh AS. Semoga.

*foto: AP via yahoonews

No comments:

Post a Comment

Program

Program