04 March 2009

Lima Ribu Lebih Pelamar Serbu Bursa Karir ITS

Press Release

Perhelatan Bursa Karir ITS (BKI) ke-17 yang dibuka di Grha 10 Nopember ITS, Rabu (4/2), benar-benar mendapat respon yang luar biasa besar dari masyarakat pencari kerja. Meski baru hari pertama dibuka, sudah lebih dari 5 ribu pengunjung terlihat berjubel memadati lokasi.


Kegiatan rutin yang dipelopori oleh SAC ITS ini rencananya dibuka selama dua hari hingga Kamis (5/2). Sebanyak 35 perusahaan multinasional pun turut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Para job seeker langsung berbondong-bondong untuk beradu keberuntungan meraih pekerjaan yang sesuai dengan yang mereka inginkan.

BKI ini merupakan ajang pertemuan antara para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang sedang membutuhkan karyawan untuk beberapa posisi. Acara yang digelar dua kali setahun ini pun mendapat respon positif dari masyarakat. Pasalnya, bursa ini tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan ITS, melainkan masyarakat umum. Termasuk dari luar Surabaya dan Jawa Timur.

“Acara bursa karir dalam rangka menyambut wisuda ITS ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi para lulusan universitas untuk bertatap muka langsung dengan pihak perusahaan,” jelas Heru Lumaksono, ketua panitia BKI ke-17.

Namun, imbuhnya, selain rekruitmen pencari kerja, bursa ini juga digunakan sebgai ajang presentasi beberapa perusahaan kepada para pengunjung supaya lebih dikenal keberadaannya.

Sejumlah perusahaan raksasa yang berpartisipasi antara lain PT Pertamina (Persero), PT Unilever, PT HM Sampoerna Tbk, PT BII, PT Chevron Indonesia, PT Bank Mandiri, Exxonmobil Oil Indonesia Inc., PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan masih banyak lagi perusahaan ternama yang memajang stannya. Selain membuka stan, sebagian lagi ada perusahaan yang hanya memajang poster dan melakukan pendataan aplikan.

“Ajang bursa karir ini saling menguntungkan bagi perusahaan maupun para job seeker,” ungkap Heru. Menurutnyam, bagi pencari kerja hal ini sudah jelas sangat menguntungkan. Pasalnya, mereka bisa langsung melihat presentasi perusahaan dan pastinya lebih cepat dalam mencari pekerjaan.

“Saya sangat senang dan mendukung acara–acara positif semacam ini. Kalau bisa, ke depannya mungkin bisa diadakan di tempat yang lebih luas. Adanya ribuan job seeker seperti ini, tentunya kurang memenuhi kalau diadakan di sini (Grha ITS, red),” ujar Arif Barokah, salah satu pencari kerja lulusan Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang yang melamar di Bank Mandiri dan BRI. (HUMAS-ITS, 4 Maret 2009)

No comments:

Post a Comment

Program

Program