20 February 2009

Rame-rame di Cergamboree CCCL

Press Release

Cerita bergambar (cergam) atau komik sebagai seni ke – 9 tak henti berdenyut aktivitasnya di Prancis. Selain berbagai studio besar, studio-studio komik independen menjamur dan terdapat festival berskala internasional diselenggarakan setiap tahunnya, yaitu Festival Komik Internasional Angoulême.


Di Indonesia, komik-komik lokal harus bersaing dengan komik dari luar negeri. Namun demikian, di beberapa kota, komik independen lokal banyak bermunculan dan didukung oleh para penggemar komik, sehingga memiliki jaringan komunitas komik. Kota Surabaya juga memiliki beberapa seniman dan studio komik independen. Mereka berupaya agar komik buatan lokal lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan menyelenggarakan berbagai acara komik di Surabaya.

Setelah melewati sukses pertamanya dalam forum komik ‘Comic Show Off!’ tahun 2008 di Surabaya -yang penyelenggarakannya acaranya merupakan kerjasama antara Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) dan studio Wind Rider dengan dukungan berbagai pihak-, studio-studio independen dari Surabaya bersatu membentuk Comic Aritist Society of Surabaya (CASS) dan membuka sebuah tempat untuk berkumpul sejak bulan Oktober 2008, sebuah perpustakaan-sinematek C2O.

Tahun ini CCCL Surabaya bekerjasama dengan CASS dan Perpustakaan C2O, ingin mengulang kesuksesan forum komik tahun lalu, dengan menyelenggarakan acara yang diberi nama festival ‘Cergamboree’. Acara ini akan digelar pada 27 Februari – 8 Maret 2009, secara bersamaan di CCCL dan Perpustakaan C2O. Pada acara kali ini kami mengundang para seniman komik dan studio dari berbagai kota: Outline Reborn, Wind Rider, Komikpalsu, Bunuh Diri, Neo Paradigm (Surabaya), Beng Rahadian (Jakarta), Djoko Hartanto (Alia - Jakarta), Tita Larasati (Bandung), Azizah Noor (Bandung), Alfi Zackhyelle (Jogja), Bajingan Comic (Malang), Nasi Putih (Jember).

Untuk lebih memeriahkan acara dan membuka kesempatan untuk bertukar wawasan dan pengalaman, pada festival tahun ini CCCL Surabaya dan studio komik asal Prancis, La Boîte à Bulles, mengundang seniman komik Sylvain-Moizie, Pemenang 1 “Jeune Talents” pada Festival Komik Internasional Angoulême tahun 2000. Sylvain-Moizie akan memperkenalkan koleksi terbarunya, memberi workshop, serta memulai catatan perjalanannya tentang Indonesia yang nantinya akan diterbitkan. Beragam komik dari La Boîte à Bulles juga dipamerkan di acara ini. Pendaftaran untuk workshop komik, silakan hubungi : Kathleen, telp. 085 85 472 5932. Workshop bersama Sylvain-Moizie, peserta maksimal 20 orang. Pendaftaran ditutup tgl. 23 Februari 2009.

‘Cergamboree’ tahun ini menawarkan program yang lebih kaya dibanding forum komik pada pertama kali kami selenggarakan pada 2008 lalu. Tahun ini kami menjadwalkan program acara yang berkaitan dengan seni komik seperti pameran, meet & greet, workshop, peluncuran buku, talkshow, pemutaran film dan jam strip. Selain itu, kami juga menampilkan seni urban mural. Beberapa seniman muda yang diundang untuk berpartisipasi dalam melukis mural yaitu : Grafis Darurart (Solo), Karya Anak Bangsa, Syndicate, Virgin is Suck, Wipe (Surabaya). Acara melukis mural yang sekaligus menjadi penutup “Cergamboree” akan dimulai hari Jumat 6 Maret dan berakhir pada Minggu, 8 Maret 2009, bertempat di Perpustakaan C2O.

‘Cergamboree’ menjadi sarana dialog bagi pegiat, penggemar, seniman atau siapa saja yang tertarik pada komik dan seni urban. Acara ini ingin menunjukkan bahwa komik lokal dapat memperoleh tempat untuk ‘berbicara’. Salah satu tujuannya adalah untuk memberi semangat dan dukungan, agar selain komik buatan luar, komik buatan lokal atau independan yang memiliki identitas masing-masing dan tak kalah dengan komik dari luar negeri, juga makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri.

No comments:

Post a Comment

Program

Program