22 August 2008

Bledhek Sigar Menutup Gelar Seni Religius

Hanif Nashrullah

Kelompok Musikalisasi Puisi, Bledhek Sigar, dijadwalkan tampil sebagai penutup dalam Gelar Seni Religius yang diselenggarakan UPTD Taman Budaya Jawa Timur (Jatim) di Pendopo Jayengrono, Jl. Gentengkali 85 Surabaya, Sabtu (23/8), pukul 20.00.


10 komposisi puisi telah disiapkan untuk pementasan itu. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah "Borok di Rumah Ibadah" dan "Kota dalam Secangkir Kopi", serta beberapa lainnya adalah karya puisi terbaru yang ditulis oleh Zainuri. Dalam pementasan ini, Bledhek Sigar didukung oleh enam personel, yaitu: Zainuri (Vokal), Roni Handoko (Biola), Hanif Nashrullah (Gitar 1), M. "Ipung" Syaiful Arif (Gitar 2), dan Yusuf (Gitar 3).

Kelompok Musikalisasi Puisi "Bledhek Sigar", yang terbentuk sejak tahun 1994, selama ini dinilai turut mewarnai dunia kesusastraan tanah air. Di antaranya pernah diundang tampil dihadapan Gus Dur semasa menjadi presiden pada tahun 2001---bersama penyair KH. Mustofa Bisri (Gus Mus), Budayawan M. Sobari, MA, dan musisi Franky Sahilatua.

Gerakan Bledhek Sigar pada tahun 2004 - 2005, ketika berinisiatif mensosialisasikan perlunya bacaan sastra bagi siswa-siswi SMA, dengan tampil di jam intrakulikuler mata pelajaran Bahasa Indonesia di hampir seluruh SMA se- Surabaya, sempat dicekal oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Drs. Sahudi, M.Pd, karena dianggap melanggar otoritas guru.

Sebaliknya, gerakan ini justru didukung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim, Dr. Rasiyo, M.Si, dengan turut tampil bersama Bledhek Sigar pada jam intrakulikuler mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Surabaya. Kontroversi (pro dan kontra) tentang gerakan Bledhek Sigar yang satu ini memang sempat ramai di surat kabar ketika itu.

Bledhek Sigar yang sebelumnya terlihat sering tampil di acara Suara Dewan yang disiarkan langsung oleh TVRI Surabaya ini dalam tiga tahun terakhir memang lebih sering terlihat pentas di bulan-bulan yang dianggap suci oleh umat Islam.

Pada tahun 2006, misalnya, Bledhek Sigar membuka acara Tadarus Ramadhan yang disiarkan oleh stasiun TV swasta nasional, Indosiar. Serta tahun lalu (2007), Bledhek Sigar diundang tampil sebagai bintang tamu dalam acara Talk Show "Kohin" di stasiun televisi swasta lokal, JTV.

Tahun ini pun Bledhek Sigar akan kembali menyapa lewat Gelar Kesenian Religius yang oleh UPTD Taman Budaya Jatim memang sengaja digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

*hanifnashrullah@gmail.com





No comments:

Post a Comment

Program

Program