28 July 2008

Malaysia Targetkan Menang

Tim paralayang Malaysia menargetkan menang dalam Kejuaraan dan Festival Paralayang 2008 di Kota Batu, Jawa Timur. Untuk meraih target itu, tim paralayang Malaysia berlatih selama 2 bulan penuh. Hal itu diungkapkan Basyir Abdurrahman, Ketua Tim Malaysia pada The Jakarta Post.


"Jelas, target tim Malaysia adalah menang dalam kompetisi ini," kata Basyir Abdurrahman, Senin (28/07) ini di take off area Gunung Banyak, Kota Batu. Dalam kompetisi ini, Malaysia mengirimkan 12 atlet paralayangnya. Delapan atlet di antaranya adalah atlet lama, sementara sisanya atlet yang baru.

Basyir mengatakan, menjelang pelaksanaan lomba, tim paralayang Malaysia melakukan persiapan serius dengan berlatih setiap hari selama dua bulan penuh. Latihan itu dilaksanakan di Bukit Judre, Selangor Malaysia. "Selama dua bulan penuh kami berlatih di Bukit Judre, meskipun secara geografis lebih rendah, namun kami kira persiapan itu cukup," katanya.

Menurut Basyir, paralayang adalah salah satu olahraga yang belakangan ini berkembang di Malaysia. Meski begitu, perlahan-lahan, jumlah peminatnya terus bertambah. "Sayangnya, Malaysia tidak memiliki tempat latihan yang bagus seperti di Indonesia," kata Basyir.

Uniknya, bila Malaysia menargetkan menang, justru atlet paralayang tuan rumah Jawa Timur tidak menargetkan apa-apa dalam event kali ini. Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Kejuaraan dan Festival Paralayang 2008, Yudho Nugroho. "Kita tidak menargetkan menang, justru event ini adalah event rekreasi bagi atlet Jawa Timur," kata Yudho.

Tidakadanya terget menang, kata Yudho, disebabkan karena para atlet sudah kelelahan saat berangkat di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-17 di Kalimantan Timur. Jawa Timur hanya mendapatkan dua medali perunggu dalam PON-17 lalu.

Meski begitu, Yudho menjelaskan, perlombaan kali ini menghadirkan juri tingkat nasional yang memiliki brivet serta menggunakan peralatan terkomputerisasi. Apalagi, lomba kali ini diikuti oleh atlet dari tiga negara, Malaysia, Brunei Darussalam dan Jepang. "Semua itu kami lakukan untuk memenuhi standarisasi internasional," kata Yudho.

Kejuaraan dan Festival Paralayang di Kota Batu adalah agenda tahunan yang digelar pemerintah kota setempat. Melalui event ini, Pemerintah Kota Batu mengharapkan adanya peningkatan kunjungan turis domestik maupun manca negara ke kota yang dikenal sebagai Kota Apel itu.

No comments:

Post a Comment

Program

Program